Kamis, 25 Juli 2013

Alat Pernapasan Pada Hewan 2

Libur lebaran segera tiba, tetapi kalian harus tetap belajar khan? Belajar adalah sarana kita untuk menjadi insan yang berguna kelak. Kali ini saya memberikan materi IPA kelas 5 SD, dan juga mungkin berguna bagi adik-adik kelas 6 yang akan menghadapi Ujian Akhir, atau bagi siapa saja yang memerlukan. Materi kali ini adalah tentang alat pernafasan pada hewan. Nah kita mulai dari hewan vertebrata atau bertulang belakang dulu.

Hewan Vertebrata


1. Burung

Burung bernafas dengan paru-paru. Alat pernafasan burung terdiri dari lubang hidung, celah tekak, trakea, siring (alat suara), bifurkasio trakea, bronkus (cabang trakea), paru-paru dan dilengkapi kantung hawa. Fungsi kantung hawa adalah untuk menyimpan udara yang digunakan pada saat terbang. Pada waktu hinggap, pernafasan terjadi karena gerakan tulang dada yang menyebabkan udara keluar dan masuk paru-paru. Saat burung terbang, otot-otot yang melekat di tulang dada bergerak aktif untuk terbang sehingga pernafasan dilakukan oleh kantung hawa.


2. Reptil
Reptil bernafas dengan paru-paru. Alat pernafasan reptil terdiri dari lubang hidung, mulut, glotis, tenggorokan, dan paru-paru. Paru-paru reptil terletak di dalam rongga dada, dan dilindungi oleh tulang rusuk. Saat bernafas, otot yang melekat pada tulang akan merenggangkan dan merapatkan tulang rusuk secara bergantian. Ketika tulang rusuk merenggang, oksigen akan mengisi paru-paru. Dan ketika tulang rusuk merapat, karbon dioksida dikeluarkan dari paru-paru.

3. Ampibi
Alat pernapasannya berupa insang pada stadium larva/berudu, paru-paru dan kulit yang tipis dan basah pada saat dewasa. Pertukaran gas melalui kulit hanya dapat berlangsung jika kulit dalam keadaan basah.

4. Ikan
Alat pernapasannya adalah insang, tersusun atas tutup insang (operkulum), membran brankiostega (selaput tipis di tepi operkulum), lengkung insang (arkus brankialis), lembaran insang, dan tapis insang. Pada insang terdapat lipatan-lipatan yang disebut labirin. Air yang mengandung udara masuk melalui mulut ikan, dan saat air mengalir ke insang, terjadi pertukaran udara. Oksigen masuk dan karbondioksida keluar.

5. Mamalia
Alat pernafasan hewan mamalia adalah paru-paru.

Hewan Invertebrata

Pada hewan invertebrata, atau hewan yang tidak bertulang belakang, yakni serangga, protozoa, porifera, cacing, dan arachnida alat pernapasannya berbeda-beda. Alat pernafasan pada serangga disebut trakea. Trakea adalah pembuluh halus yang bercabang yang memenuhi seluruh bagian tubuh serangga dan bermuara di stigma. Stigma berfungsi sebagai jalan keluar masuknya udara. Sistem trakea terdiri dari spirakel, tabung trakea, dan trakeol. Spirakel adalah lubang-lubang kecil pada tubuh serangga, yang berfungsi sebagai tempat keluar masuknya udara. Tabung trakea adalah saluran udara yang mempunyai bentuk seperti tangga. Trakeol adalah saluran-saluran yang sangat kecil dan merupakan ujung trakea. Udara yang masuk melalui spirakel mengalir melalui trakea, trakeol, kemudian masuk ke dalam sel-sel tubuh. Pada protozoa, porifera dan cacing pernapasannya terjadi secara difusi, dan arachnida adalah paru-paru buku. Nah, mengapa ketika terkena sinar matahari cacing terlihat menggeliat-geliat?

Disarikan dari berbagai sumber.

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan berdiskusi dengan menulis pada komentar di bawah ini, terima kasih sebelumnya...