Rabu, 01 Februari 2012

IPA Kelas 6 SD, Perkembangbiakan Generatif Pada Tumbuhan

Alat reproduksi tumbuhan berbeda dengan hewan. Pada tumbuhan alat reproduksi berupa putik dan benang sari. Putik adalah alat kelamin betina sedangkan benang sari adalah alat kelamin jantan. Alat perkembangbiakan generatif yang dimiliki tumbuhan terdapat pada bunganya yaitu benang sari dan putik. Benang sari adalah alat kelamin jantan dan putik adalah alat kelamin betinanya. Benang sari ini terdiri dari tangkai sari dan kepala sari. Serbuk sari terdapat pada kepala sari yang cukup tua. Serbuk sari mengandung sel spermatozoid yang merupakan sel kelamin jantan. Bagian-bagian putik terdiri kepala putik, tangkai putik, dan bakal buah.  Bakal buah memiliki satu atau beberapa bakal biji. Di dalam setiap bakal biji terdapat kantung lembaga yang salah satu intinya merupakan sel kelamin betina atau sel telur (ovum). Bunga lengkap terdiri atas kelopak, mahkota bunga, benang sari dan putik. Setiap bagian mempunyai fungsi sendiri-sendiri. Kelopak berfungsi melindungi bunga waktu masih kuncup, mahkota bunga berfungsi untuk menarik serangga karena mempunyai warna dan bau khas agar membantu proses penyerbukan,  Putik dan benang sari berfungsi sebagai alat prkembangbiakan. Pada perkembangbiakan generatif diawali dengan penyerbukan. Penyerbukan dimulai dengan jatuhnya serbuk sari yang merupakan sel kelamin jantan ke kepala putik yang mengandung sel kelamin betina.


Yang dapat menjadi perantara terjadinya penyerbukan yaitu :
a. Angin atau air seperti pada padi dan jagung. Jika perantaranya angina Serbuk sarinya kering dan ringan sehingga mudah terbawa angin. Sedangkan perantaranya air, serbuk sarinya kedap air.
b. Hewan baik burung, kupu-pupu, serangga seperti pada pasilan, mangga, belimbing, dll. Serbuk sarinya lengket dan mudah menempel pada kaki serangga.
c. Manusia seperti pada panili, salak. Manusia membantu proses penyerbukannya, karena serbuk sari dan putiknya terpisah tidak berada pada satu tumbuhan.

Penyerbukan, kalau menurut asal serbuk sarinya ada 4 yaitu :
a. Penyerbukan sendiri, yaitu serbuk sarinya berasal dari bunga itu sendiri.
b. Penyerbukan tetangga, yaitu serbuk sarinya berasal dari bunga yang lain tetapi masih satu pohon.
c. Penyerbukan silang, yaitu serbuk sarinya berasal dari bunga lain, dari pohon yang berbeda   tetapi masijh 1 jenis.
d. Penyerbukan bastar, yaitu serbuk sarinya berasal dari bunga dari pohin lain tetapi berbeda varietasnya.


0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan berdiskusi dengan menulis pada komentar di bawah ini, terima kasih sebelumnya...