Kamis, 16 Februari 2012

Aktivitas Manusia Yang Mempengaruhi Keseimbangan Alam

Alam harus kita jaga! 
Manusia mempunyai beberapa aktifitas atau kegiatan untuk memenuhi kebutuhannya. Namun seringkali dalam melakukan kegiatan untuk memenuhi kebutuhannya, manusia menyebabkan perubahan lingkungan yang berdampak pada kelestarian makhluk hidup yang lain. Beberapa kegiatan manusia yang berdampak pada keseimbangan lingkungan yaitu :

1. Penebangan hutan dan perburuan hewan secara liar
Manusia memerlukan kayu untuk membangun rumah, jembatan, gedung dll. Untuk memperoleh kayu dalam jumlah yang banyak manusia sering melakukan penebangan pohon secara liar. Coba direnungkan butuh berapa tahun agar pohon yang diambil kayunya semisal jati untuk tumbuh besar? Penebangan pohon secara liar juga berpotensi menghilangkan tempat tinggal sebagian hewan yang ada di hutan. Karena pohon habis ditebang tanpa ada proses penghijauan kembali maka sebagian hewan yang tinggal di hutan kehilangan tempat tinggal. lama-kelaman akan terdesak dan berpotensi mengurangi jumlah hewan tersebut karena kalah bersaing dengan manusia dan kehilangan sumber makanan. Mengadakan penanaman pohon kembali yang membutuhkan waktu lama agar tumbuh membesar juga dirasa kurang memberi manfaat. Jika penebangan dilakukan untuk membuat ladang atau membuat bangunan-bangunan peristirahatan bisa berdampak kurangnya pasokan oksigen dan berkurangnya daerah resapan air sehingga akan mengakibatkan banjir. Kegiatan perburuan liar juga mengancam kelestarian hewan-hewan yang diburu, dan bisa mengakibatkan terputusnya pola rangkaian makanan sehingga berakibat merusak keseimbangan alam.

 2. Kegiatan pembangunan yang dilakukan memenuhi kebutuhan
Pembangunan jalan yang melewati hutan dan bukit berpotensi merusak keseimbangan alam. Pohon-pohon yang terkena jalur jalan akan banyak yang ditebang yang otomatis akan mengurangi jumlah pohon. Sumber makanan hewan juga berkurang dengan ditebangnya pohon-pohon tersebut. Belum lagi dari polusi yang dihasilkan oleh kendaraan yang nantinya akan lewat. Pembangunan rumah peristirahatan di pegunungan juga berdampak pada perubahan lingkungan. Berkurangnya daerah serapan sering mengakibatkan banjir di daerah yang terletak di bawahnya juga sering mengakibatkan tanah longsor. Manusia memerlukan minyak bumi untuk energi sehari-hari. Untuk memperolehnya manusia harus melakukan pengeboran.  Pengeboran ini berpotensi untuk mencemari lingkungan sekitar di daerah pengeboran. Kebocoran minyak sangat merusak lingkungan.
Beberapa pertambangan juga berpotensi merusak alam. Pertambangan terbuka berpotensi merambah hutan yang nantinya akan merusak hutan. Kalau sampai terjadi kerusakan membutuhkan biaya yang sangat mahal untuk memperbaikinya dan bisa membuat daerah tersebut menjadi tidak produktif. 

3. Pembuangan limbah dan sampah sisa hasil kegiatan manusia
Hampir setiap hari aktivitas manusia menghasilkan sampah. Sampah-sampah ini harus ditampung dan diolah agar tidak mencemari lingkungan. Sampah-sampah plastik sangat mencemari lingkungan karena hampir tidak bisa diuraikan. Pemakaian pestisida dan pupuk yang berlebihan juga berpotensi merusak lingkungan.  Limbah transportasi yang berupa asap juga memperburuk kualitas udara. Limbah-limbah yang dialirkan begitu saja ke sungai tanpa diolah terlebih dahulu juga akan merusak sungai tersebut, ikan-ikan yang ada di sungai tersebut bisa mati.

Asah kreatif!
Kira-kira apa kegiatan apalagi yang dilakukan manusia yang dapat merusak lingkungan? Serta bagaimana sebaiknya yang dilakukan manusia dalam memenuhi kebutuhannya tidak merusak lingkungan dan keseimbangan alam tetap terjaga?

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan berdiskusi dengan menulis pada komentar di bawah ini, terima kasih sebelumnya...