Jumat, 27 Januari 2012

IPA Kelas 6 SD, Perkembangbiakan Makhluk Hidup

Coba kalian pikirkan, seandainya makhluk hidup tidak dapat berkembang biak. Tentu kepunahan yang akan terjadi. Makhluk hidup tidak dapat meneruskan keberadaannya di alam semesta ini. Untung Tuhan  membekali makhluknya dengan kemampuan berkembang biak, sehingga keberadaannya di alam semesta ini tetap terjaga dan lestari.  Kemampuan untuk berkembang biak merupakan salah satu dari ciri-ciri yang dimiliki makhluk hidup (Coba sebutkan ciri-ciri makhluk hidup yang lain). 
Tujuan perkembangbiakan makhluk hidup adalah untuk memperbanyak jenisnya dan terjaga kelestariannya. Dalam proses perkembang biakan ini turut pula diwariskan sifat-sifat kepada keturunannya. Dalam perjalanan hidupnya makhluk hidup mengalami 2 kejadian penting selama hidupnya, tumbuh dan berkembang. Tumbuh memiliki pengertian bertambahnya ukuran tubuhnya. Seperti pada manusia diawali bayi yang mungil lalu bertambah tinggi dan besar seiring bertambahnya usia. Sedangkan berkembang memiliki pengertian bertambahnya kemampuan yang dimiliki makhluk hidup. Seperti pada manusia pada masa bayi hanya bisa menangis saja, namun seiring bertambahnya usia, mulai bisa berbicara, kalau dulu makan harus disuapi, mulai bisa makan sendiri, selanjutnya mulai bisa mandiri.

 A. Proses Pertumbuhan dan Perkembangan Pada setiap Manusia

Manusia memiliki tahap pertumbuhan dan perkembangan yang sangat kompleks karena dipengaruhi oleh banyak faktor. Tahap pertumbuhan manusia dimulai dari masa bayi, anak-anak, remaja, dewasa dan lanjut usia.

A.1 Masa Bayi.
Manusia dikatakan masih bayi bila usianya 0 - 12 bulan. Pada masa ini terjadi perkembangan dan pertumbuhan yang relatif cepat.  Pada saat baru lahir, bayi hanya bisa menangis, asupan makanannya pun hanya ASI. Selanjutnya berat tubuhnya mulai bertambah, indera penglihatan dan pendengaran mulai berkembang. Selanjutnya mulai bisa miring, tengkurap, merangkak, duduk sendiri dan berdiri. Sudah mulai bisa merespon panggilan namanya, mulai bia diajak bercanda. Mulai mengenal dan berinteraksi dengan orang-orang dan lingkungan di sekitarnya.

A.2. Masa Balita.
Masa Balita ini dimulai umur 1-5 tahun. Tahukah kalian kepanjangan dari balita? iya balita kepanjangannya adalah bawah lima tahun. Pada masa balita ini juga mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang pesat. Kemampuan yang dimiliki oleh balita berkembang dengan pesat. Mulai dari belajar mengucapkan kata-kata dan berbicara. Mulai bisa menirukan ucapan-ucapan orang tua dan orang-orang disekitarnya. Mulai bisa menyusun kata-kata. Kemampuan fisiknya dan ukuran tubuhnya juga berkembang, mulai belajar berjalan dan berlari. Belajar untuk mengenal lingkungan di sekitarnya. Anak mulai dipenuhi perasaan ingin tahu, suka meniru tanpa mengetahui baik maupun buruknya.

A.3.  Anak-Anak   
Masa anak-anak dimulai pada usia 5-9 tahun. Masa anak-anak sering juga disebut masa bermain karena pada masa ini anak-anak senang dengan permainan. Kemampuan motorik mulai berkembang. Kecenderungan beraktivitas atau bermain diteruskan tetapi lebih terkendali dan termotivasi adanya tujuan. Rasa keingintahuannya semakin besar. Mulai bersosialisasi dengan membutuhkan teman. Mulai bersentuhan dengan ilmu pengetahuan sehingga ,mulai berkembang ilmu pengetahuannya dan imajinasinya.

A.4. Remaja
Masa ini dimulai pada usia 9-20 tahun. Pada masa ini remaja mulai mengalami masa puber. Masa puber untuk perempuan biasanya datang terlebih dahulu daripada laki-laki. Masa puber perempuan biasanya dimulai pada usia 9-13 tahun sedangkan masa puber laki-laki dimulai pada usia 10-14 tahun. Pada masa puber ini seorang remaja mulai tertarik kepada lawan jenisnya. Pada masa puber ini ditandai pula perubahan fisiknya. Pada laki-laki biasanya ditandai dengan:
a. Dada berubah menjadi bidang.
b. Suara membesar.
          c. Mulai tumbuh rambut seperti kumis.

Masa puber pada perempuan ditandai dengan :
a. Pinggulnya berubah membesar
b. Suaranya berubah menjadi melengking.
c. Payudara berubah membesar.
d. Tumbuh rambut di daerah tertentu.
e. Mengalami proses menstruasi atau haid.
Pada masa remaja ini seorang remaja harus mulai dikenalkan denga tanggung jawab. Harus tetap bisa menjaga tingkah lakunya sesuai norma adat, agama, dan masyarakat. Harus mulai dikenalkan juga dengan perbuatan baik dan buruk serta akibatnya. Harus bisa menjaga pergaulan agar tidajk terjerumus kepada hal-hal yang buruk. Mulai harus bisa merawat diri agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

A.5 Masa Dewasa
Masa dewasa dimulai dari usia 20-50 tahun, Sebuah periode yang sangat panjang. Biasanya pada masa dewasa ini pertumbuhan badan sudah mulai berhenti. Namun perkembangan emosionalnya lebih banyak. Mulai bisa mengendalikan emosi, mulai mengerti tanggung jawab, memikirkan masa depan dan pekerjaan, mulai serius menjalin hubungan dengan lawan jenis untuk menikah, berkeluarga, memikirkan mempunyai anak, mengasuh anak, memikirkan pendidikan anak-anaknya dan membangun keluarganya serta karirnya.

A.6 Masa Tua
Masa ini disebut juga dengan masa lanjut usia. Dimulai setelah usia 50 tahun. Pertumbuhan tubuhnya berhenti, dan justru mulai mengalami penurunan fungsi organ. Mulai dari penglihatan dan pendengaran yang berkurang, rabun, rambut mulai memutih, gigi yang tanggal dll. Pada masa ini seseorang mulai merindukan kehadiran seorang cucu. Pada orang tua tertentu bahkan bisa terkena pikun.

Demikian postingan mengenai Perkembangbiakan makhluk hidup ini, tunggu posyingan berikutnya masih tetap membahas mengenai perkembangan makhluk hidup.

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan berdiskusi dengan menulis pada komentar di bawah ini, terima kasih sebelumnya...