Kamis, 26 Januari 2012

IPA Kelas 5 SD, Mekanisme Pernafasan Pada Hewan

Selamat pagi kawan, teman dan semuanya. bagaimana belajar kalian? lancar kan... alhamdulillah. Kali ini kami akan melanjutkan pelajaran kembali. Pada kesempatan ini kami akan membahas Mekanisme Pernafasan Pada Hewan. Seperti kita ketahui, pada hewan terdapat beberapa alat pernapasan, yaitu corong hawa (trakea), insang, paru-paru, dan kulit. Pada masing-masing jenis hewan ternyata ada perbedaan mekanismenya lho.... seperti diterangkan berikut ini, baca baik-baik ya.

1. Invertebrata;
a. Serangga, bernapas dengan corong hawa atau trakea. Trakea adalah pembuluh halus yang bercabang yang memenuhi seluruh bagian tubuh serangga dan bermuara di stigma. Stigma  digunakan untuk keluar masuknya udara. Oksigen yang masuk diedarkan tidak melalui darah tetapi diedarkan oleh sistem trakea. Diawali masuknya udara melalui spirakel yaitu lubang kecil pada bagian luar tubuhnya.
b. Cacing, bernapas menggunakan kulitnya yang senantiasa basah. Cairan yang basah inilah yang mengikat oksigen, dan berdifusi ke dalam tubuhnya.

2. Hewan vertebrata atau bertulang belakang
a. Ikan, kebanyakan ikan bernapas dengan insang. bagian insang terdiri dari lembaran-lembaran yang disebut lembaran insang. Pada lembaran insang ini terjadi pertukaran gas. Mekanisme pernapasannya yaitu ikan membuka mulutnya untuk mengambil air. Air mengalir  melalui  rongga mulut menuju lembaran insang, kemudian air keluar melewati tutup insang, oksigen yang dikandung air diikat oleh Hb (hemoglobin) darah, pada saat bersamaan Hb juga melepaskan karbon dioksida ke air.
b. Katak. Pada katak dewasa bernapas menggunkan paru-paru ditambah dengan kulitnya. Katak mengalami metamorfosis dan pada saat berudu katak berapas menggunkan insang, dan pada katak dewasa bernapas enggunakan paru-paru dan kulitnya.
c. Burung. Burung bernapas menggunakan organ paru-parunya. Pernapasan pada burung  dibantu oleh alat tambahan yaitu pundi-pundi (kantong) udara pada saat terbang, dengan cara mengalirkan udara yang ada di dalam pundi-pundi udara yang mengembang dan mengempis oleh gerakan sayap.
d. Reptil. Paru-paru reptilia terletak dalam rongga dada dan terlindung oleh tulang rusuk. Paru-paru reptil sangat sederhana terdiri dari beberapa lipatan dinding yang berfungsi memperbesar pertukaran gas. Pada beberapa reptilia seperti kura-kura, kadal dan buaya mempunyai paru-paru yang lebih kompleks, berbentuk belahan-belahan mirip spon. Pada beberapa bunglon dari Afrika mempunyai pundi-pundi hawa sehingga dapat melayang beberapa saat di udara. 
e. Mamalia. Mamalia bernapas menggunakan organ paru-parunya. Tak terkecuali paus dan lumba-lumba yang merupakan mamalia dengan tempat hidupnya di air. Contoh hewan mamalia adalah sapi, gajah, harimau, singa dll.

Sekian dulu pembahasan kali ini... tunggu pembahasan bab-bab berikutnya.

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan berdiskusi dengan menulis pada komentar di bawah ini, terima kasih sebelumnya...