Minggu, 22 Januari 2012

IPA Kelas 5 SD, Hubungan Makanan Dengan Kesehatan

Adik-adik mari kita belajar hubungan makanan dengan kesehatan. Bab ini kelanjutan dari posting yang pertama Alat Pencernaan Manusia. Seperti adik-adik ketahui bahwa, makanan berguna untuk pertumbuhan, memperbaiki sel-sel yang rusak dan untuk menghasilkan panas serta tenaga. Makanan yang baik adalah makanan yang bergizi dan mengandung zat-zat yang diperlukan oleh tubuh, antara lain : 

a. Karbohidrat, merupakan senyawa organik paling banyak di bumi. Karbohidrat memiliki berbagai fungsi dalam tubuh makhluk hidup, terutama sebagai bahan bakar (misalnya glukosa), cadangan makanan (misalnya pati pada tumbuhan dan glikogen pada hewan), dan materi pembangun. Makanan yang banya mengandung karbohidrat yaitu, nasi, kentang, gandum, singkong dll.

b. Protein, merupakan Sumber energi, Pembetukan dan perbaikan sel dan jaringan, Sebagai sintesis hormon,enzim, dan antibodi, pengatur keseimbangan asam dan basa dalam sel. Terdapat 2 buah jenis protein yaitu protein hewani  (protein yang berasal dari hewan) dan Protein nabati (protein yang berasal  dari tumbuhan).
Makanan yang banyak mengandung protein yaitu daging, telor, ikan, susu, kacang-kacangan dll. kekurangan protein bisa menyebakan penyakit kwasiorkor (busung lapar), kerontokan rambut, dan ganggunan pertumbuhan.

c. Yang ketiga yaitu Lemak yang mempunyai fungsi sebagai:
1.  Sumber energi dan juga sebagai  cadangan makanan. 
2.  Melindungi tubuh ketika berada pada suhu yang rendah.
3. Menjadi pelarut bagi vitamin A, D, E dan K.
4. Pelindung alat atau organ tubuh yang vital.
Jenis-jenis lemak yang sesuai dari asalnya terdiri dari :
        - Lemak hewani (berasal dari hewan) 
        - Lemak nabati (berasal dari tumbuhan)

makan yang banyak mengandung lemak yaitu : kacang-kacangan, kelapa, susu, lemak.

d. Vitamin merupakan zat yang penting bagi tubuh, macam-macam vitamin dan kegunaannya adalah:
1. Vitamin A, berperan dalam menjaga kesehatan indera penglihatan, makanan yang banyak mengandung vitamin A diantaranya pepaya, wortel, pisang, cabai merah dll.
2. Vitamin B, berperan dalam metabolisme tubuh. Makanan yang banyak mengandun vitamin B yaitu, gandum, ikan, susu dan sayuran.
3. Vitamin B1 berperan untuk menjaga kesehatan kulit dan membantu merubah karbohidrat menjadi energi. Vitamin B1 ini banyak dikandung susu, gandum, sayuran dan ikan.
4. Vitamin B2 berperan penting dalam metabolisme tubuh. Dikandung oleh sayuran segar, ikan, susu dan kuning telur.
5. Vitamin B3, berperan dalam metabolisme lemak dan karbohidrat serta protein. Banyak dikandung oleh ragi, daging unggas, hati dan ginjal serta ikan.
6. Vitamin B5, berperan dalam reaksi enzimatik tubuh. Banyak dikandung oleh daging susu dan ikan. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan keram, kulit bersisik dan pecah-pecah, serta kesulitan tidur.
7. Vitamin B6, berperan dalam pertumbuhan tubuh. banyak dikandung oleh beras, kacang, daging dan ikan. Kekurangan penyakit ini menyebabkan insomnia atau sulit tidur, keram dan kulit pecah pecah.
8. Vitamin B12, berperan dalam metabolisme tubuh dan pemeliharaan sel saraf, vitamin ini hanya diproduksi oleh hewan terdapat pada telur, daging dan hati.
9. Vitamin C, banyak memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Vitamin C juga sebagai senyawa pembentuk kolagen penyusun jaringan kulit, sendi, tulang, dan jaringan penyokong lainnya. Vitamin C merupakan antioksidan alami yang berguna untuk menangkal radikal bebas di sekitar kita, sehingga dapat membantu menurunkan laju mutasi yang terjadi di tubuh sehingga mengurangi risiko timbulnya berbagai penyakit degenaratif seperti kanker. Vitamin C berguna juga untuk menjaga bentuk dan struktur dari berbagai jaringan di dalam tubuh. Vitamin ini juga berperan dalam penutupan luka ketika terjadi pendarahan dan memberikan perlindungan ketika terjadi infeksi mikroorganisme patogen. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan gusi berdarah dan nyeri persendian. Namun jika kelebihan asupan vitamin C dapat menyebabkan batu ginjal, gangguan saluran pencernaan, dan rusaknya sel darah merah.
 10. Vitamin D, merupakan salah satu jenis vitamin yang banyak dikandung ikan, telur, susu, serta produk olahannya, seperti keju dan dibutuhkan oleh tulang.
 11. Vitamin E, berguna untuk menjaga kesehatan berbagai jaringan tubuh, seperti  jaringan kulit, mata, sel darah merah hingga hati dan bermanfaat sebagai anti oksidan alami vitamin E juga melindungi kesehatan tubuh dari pulusi. Ikan, ayam, kuning telur, ragi, dan minyak tumbuh-tumbuhan banyak mengandung vitamin E ini. Kekurangan vitamin E dapat menyebabkan gangguan kesehatan bagi tubuh, antara lain kemandulan baik bagi pria maupun wanita, gangguan saraf dan otot.
 12 Vitamin K, banyak berperan dalam pembentukan sistem peredaran darah yang baik dan penutupan luka. Kekurangan  vitamin K dapat berakibat terjadi pendarahan di dalam tubuh dan darah sukar membeku saat terjadi luka atau pendarahan. Vitamin K banyak terdapat pada Susu, kuning telur, dan sayuran segar.

e. Mineral
Bahan-bahan yang juga diperlukan oleh tubuh seperti yodium (untuk mencegah gondok), garam, dll.

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan berdiskusi dengan menulis pada komentar di bawah ini, terima kasih sebelumnya...